Langsung ke konten utama

Cara Penanganan Telepon Masuk

MENANGANI TELEPON MASUK
Oleh : Siti Ngudyati (23)
Menerima telepon sama halnya saat kita menerima tamu. Sebagai tuan rumah tentu kita harus berusaha menjadi tuan rumah yang baik dan menyenangkan. Meskipun saat bertelepon mimik muka kita tidak terlihat, bukan menjadi alasan kita berbicara semaunya. Karena suasana hati kita bisa dirasakan saat kita berbicara.
A.Etika menerima telepon
1.Mengangkat telepon
a.Segera angkat telepon yang berdering kurang dari 3 kali dering
b.Angkat gagang telepon dengan kanan kiri, sedangkan tangan kanan bersiap dengan alat tulis dan block note
c.Menjawab telepon hendaknya singkat, jelas dan hormat tanpa mengucapkan kata HALO
d.Sebutkanlah identitas diri, kantor, atau perusahaan. Jika mpenelepon belum menyebutkan identitasnya, mintalah agar ia menyebutkannya
2.Mengatur suara dan tata bahasa
a.Gunakan bahasa yang resmi dan komunikatif ( jelas, dapat dipahami, singkat dan tepat)
b.Phonogenic (suara yang baik saat menerima atau menelepon yang memberi kesan santun, bersahabat, ramah dan penuh perhatian)
3.Berikan perhatian penuh
a.Berusahalah membuat kesan yang menyenangkan serta menjadi pendengar yang baik
4.Sambungan telepon
a.Apabila penelepon ingin disambungkan dengan orang lain, maka hubungkanlah sesegera mungkin.
b.Bila orang yang dikehendaki tidak berada di tempat, tanyakan apakah ada yang bisa dibantu/keperluannya/pesan penelepon.
c.Bila ada ditempat, tanyakan terlebih dahulu kepada orang yang dikehendaki apakah beliau bersedia menerima telepon atau tidak.
d.Jika sambungan sedang online, maka tanyakan kepada penelepon apakah mau menunggu/akan telepon lagi/meninggalkan pesan.
5.Menutup telepon
a.Akhirilah percakapan dengan tetap ramah dan santun.
b.Tunggulah sampai si penelepon mematikan terlebih dahulu teleponnya. Lalu letakkan gagang telepon kembali dengan hati-hati
B.Alat-alat yang disiapkan saat menerima telepon
1.Kalender meja
2.Jam
3.Lembar pesan telepon (LPT)
4.Alat tulis
5.Buku daftar nomor
6.Block note
C.Sikap dalam pelayanan efektif
1.Caring
Memperhatikan, mendengarkan dan mencatat masalah penelepon
2.Commited   
Merasa terikat dengan organisasi, tidak melemparkan permasalahan kepada orang lain dengan alasan bukan tugas atau urusan pribadi
3.Confident
Penuh keyakinan dalam menangani masalah
4.Considetate
Bersahabat, menolong, dan mengerti emosi penelepon
5.Controlled
 Tidak terbawa emosi pada saat penelepon mengungkapkan kekecewaan (marah)
6.Creative
Mampu menemukan cara - cara yang baik dalam menerima telepon ataupun menangani masalah yang terjadi
7.Contagious
Besikap menyenangkan, antusias, dan ramah pada penelepon
D.KESIMPULAN
Menangani telepon hendaknya bersikap menyenangkan, efektif dan efisien karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kredibilitas atau tingkat keterpercayaan terhadap perusahaan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jum'at bersih💪

Ulasan singkat tentang "TWITTER"

Saat ini media jejaring sosial sering kita gunakan untuk berkomunikasi dan kita manfaatkan untuk berbagai tujuan, seperti menemukan teman lama, menambah teman baru, membuat suatu komunitas dengan orang-orang di berbagai daerah bahkan dengan berbagai negara ada pula yang memanfaatkannya sebagai media bisnis online. Untuk membatasi pembahasan mengenai berbagai macam jejaring sosial yang ada, saya akan membahas mengenai dampak penggunaan twitter bagi masyarakat. Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut.